Blog ini merupakan media untuk berbagi tips dan info kesehatan secara alami

Kamis, 14 Agustus 2014

Tips Cara Mudah Menurunkan Panas Anak Secara Alami

Advertisements

Tips Cara Mudah Menurunkan Panas Anak Secara Alami - Cara Sehat Almai kali ini akan berbagi info tentang Tips Cara Mudah Menurunkan Panas Anak Secara Alami. Anak merupakan buah hati yang sangat berharga bagi setiap orang tua. Orang tua mana yang tak senag bila anaknya aktif dan pintar serta mempunyai selera makan yang tinggi pastilah semua orang tua menginginkan hal tersebut. Namun ada kalanya sang buah hati secara tiba-tiba menjadi cerewet dan menangis terus menerus yang ternyata dikarenakan efek dari badan anak panas. Tentu hal ini tak diinginkan oleh setiap orang tua, namun Anda sebagai orang tua jangan terlalu panik sebab demam bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus. 


Tips Cara Mudah Menurunkan Panas Anak Secara Alami

Gejala Demam Pada Anak

Berikut ciri-ciri anak terserang panas atau demam :
  •     Menagis terus menerus
  •     Gelisah
  •     Sakit kepala
  •     Sesak napas
  •     Tidur terus menerus, sulit dibangunkan karena lemas
  •     Tidak mau minum
  •     Kejang jika suhu melebihi 40ºC
Anak dikatakan panas atau demam bila Suhu tubuhnya mencapai angka berikut :
  •     Suhu rektal (di dalam dubur) : lebih dari 38ºC
  •     Suhu oral (di dalam mulut) : lebih dari 37.5ºC
  •     Suhu ketiak : lebih dari 37.2ºC
Saat demam biarkan sang Buah hati tersebut istirahat. Walaupun Anda berharap ia minum obat, tunggu saja saat ia terbangun meskipun jadwal pemberian obat penurun panas sudah berlalu. Hati-hati saat memberi obat, pastikan dosisnya sesuai aturan di kemasan. Jika Anda memberi obat penurun panas golongan acetaminophen ataupun ibuprofen, pastikan Anda tidak memberi obat batuk atau flu yang mengandung antipyretic. Pemberian dua jenis obat tersebut. secara bersamaan dapat menimbulkan overdosis.

Cara menurunkan demam Anak bisa juga dilakukan dengan menggunakan herbal, dalam masalah ini sebenarnya akan lebih baik ketimbang menggunakan obat kimia. Meskipun sedikit lebih ribet dalam proses meramunya tetapi dari segi khasiat bisa di pertanggung jawabkan. 
Berikut kami berikan Tips Cara Mudah Menurunkan Panas Anak Secara Alami di bawah ini :

Kompres dengan Air Hangat.
  • Kok bukan dengan air dingin? karena apabila diberi air dingin, otak kita akan menyangka bahwa suhu diluar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhunya dengan cara menggigil sehingga memproduksi panas. Akibatnya suhu tubuh anak bukannya turun, melainkan tambah panas. Sebaiknya kompres dilakukan ketika: anak merasa uncomfortable, suhu mencapai 40C.
  • Cara melakukan kompres: taruh anak di bath tub mandi dengan air hangat (30-32C) atau usapkan air hangat disekujur tubuh anak. Kalau anak menolak, duduk di bath tub beri mainan & ajak bermain
Menggunakan Kunyit
  • Caranya pembuatannya adalah dengan mengambil 7 rimpang kunyit, kemudian mengupas kulit kunyit dan dibersihkan. Setelah itu kunyit diparut dan diperas. Sedangkan cara pemakaiannya adalah dengan mengusapkan ampas kunyit dan ditambah enjet (gamping mati) pada dahi anak. Sedangkan airnya bisa diminumkan kepada anak yang demam tersebut.
Menggunakan Air Kelapa Muda
  • Kandungan yang terdapat pada air kelapa muda banyak di dominasi oleh mineral dan kalium. Pada saat panas, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan yang berupa keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Nah air kelapa muda bertugas dan berfungsi untuk menggantikan keringat yang keluar.
Jeruk Nipis
  • Ambil jeruk nipis kurang lebih 1/2 buah, madu asli dan kuning telur ayam kampung sebanyak 1 butir
  • Cara meramunya jeruk nipis diperas diambil airnya kemudian tambahkan air panas 1/2 gelas aduk rata.
  • Cara menggunakanya diminum dua kali sehari
Bawang Merah
  • Untuk menurunkan panas anak-anak gunakan obat balur yang terbuat dari bawang merah diparut dan diberi minyak kelapa. Balurkan pada seluruh badan si anak.
Jika demam pada anak anda belum juga turun saran saya bawalah anak Anda pada tim medis atau dokter Anak. Karena di kawatirkan panas tersebut bukan panas biasa yang dapat berpoteni mengganggu kesehatan pada Anak Anda.


Sekian yang dapat kami informasikan tentang Tips Cara Mudah Menurunkan Panas Anak Secara Alami. Semoga tips yang kami berikan dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda. Tetap ikuti info dan tips selanjutnya.

Advertisements
Tips Cara Mudah Menurunkan Panas Anak Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: satria

0 komentar:

Posting Komentar