Blog ini merupakan media untuk berbagi tips dan info kesehatan secara alami

Senin, 11 Agustus 2014

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan

Advertisements

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan - Cara Sehat Alami kali ini akan memberikan informasi tentang Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan. Bengkoang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan terutama didaerah Mexico. Suku Aztec menggunakan biji tanaman bengkoang ini sebagai obat-obatan. Lalu pada abad ke-17, Spanyol menyebarkan tanaman bengkoang ini ke daerah Philipina sampai akhirnya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik. Tanaman bengkoang ini masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon, dan sejak saat itulah bengkoang dibudidayakan diseluruh negeri. Bengkoang sekarang ini lebih banyak dibudidayakan didaerah Jawa dan Madura atau didataran rendah.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan
Bengkoang adalah buah yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untuk  kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam  bengkoang yang  paling tinggi adalah vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam  buah bengkuang adalah  fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang juga merupakan buah  yang mempunyai kandungan  kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh setelah mengkonsumsinya  dan menambah cairan tubuh yang dibutuhkan untuk menghilangkan  deposit-deposit lemak  yang mengeras yang terbentuk dalam beberapa bagian tubuh. Oleh  sebab itu, bengkoang  dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut kami berikan Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan di bawah ini :
 
Kandungan Zat Gizi Bengkuang per 100 gram

  • Energi 55 kal
  • Protein 1.4 gr
  • Lemak 0.2 gr
  • Karbohidrat 12.8 gr
  • Kalsium 15 mg
  • Fosfor 18 mg
  • Vitamin A 0 SI
  • Vitamin B1 0.04 mg
  • Vitamin C 20 mg
  • Besi 0.6 mg 
 Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan

 Untuk Kulit Wajah
  • Buah bengkoang sering dipakai oleh para ahli kecantikan sebagai produk perawatan kulit wajah dan badan. Banyak produk kecantikan yang mengandung ekstrak bengkoang misalnya masker  bengkoang, body lotion, sabun, pelembabdan lain-lain. Pengunaan buah bengkoang untuk kecantikan bias dilakukan secarak onvensional salah satunya bedak dingin.
    Bahan :
    • 2 buah bengkoang segar (tergantung keperluan)
    • 100 gr tepung beras basah ( beras direndam1-2 minggu, lalu tumbuk halus)
    • 1 sdt perasan Jeruk nipis
    Cara membuat
    • Buah bengkoang di parut atau di blender, setelah halus lalu di saring, air hasil saringan buah bengkoang didiamkan selama 3-4 jam. Sehingga hasilnya akan terdapat endapan tepung pati sari bengkoang, lalu ambil patinya saja.
    • Campurkan sari pati bengkoang, tepung beras dan tambahkan 1 sdt perasan jeruk nipis
    • Tambahkan wewangian (bunga mawar, daun pandan, daun suji atau sesuai selera kamu)
    • Bentuk menja dibulatan kelereng, pipihkan dan keringkan selama 2 jam.
    • Jika akan di pakai, bedak dingin dilarutkan dengan air dinggin
    • Rasakan manfaatnya!!! Kulit cantik dan sehat! Selamat mencoba.
Mengobati Sariawan
  • Sariawan merupakan gejala erosi pada kulit mulut, yakni dinding dalam pipi atau lidah. Penyebabnya adalah kekurangan vitamin C, alergi atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam bengkuang yang bertindak sebagai antioksidan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penderita sariawan. Bengkuang dapat diberikan pada penderita sariawan dengan cara dibuat dalam bentuk jus yang kemudian ditambahkan dengan madu dan air secukupnya.
Mengobati Demam
  • Bengkoang yang mempunyai sifat kimiawi yang berkhasiat mendinginkan dapat digunakan untuk menurunkan demam. Umbi bengkoang dapat dimakan secara langsung maupun dibuat dalam bentuk jus yang diminum pagi dan sore hari.
Baik Bagi Penderita Penyakit Diabetes Mellitus
  • Bengkoang dapat digunakan untuk mempertahankan kenormalan kadar gula dalam darah. Serat makanan yang terdapat dalam bengkuang berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah karena diserap secara perlahan dan tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Dengan demikian serat pada bengkoang dapat mengendalikan gula darah para penderita diabetes mellitus. Dalam upaya mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal, bengkoang dibuat dalam bentuk jus atau dapat pula diparut kemudian disaring lalu diambil sarinya dan diminum setiap pagi dan malam hari.
Mengurangi Produksi Asam Lambung
  • Untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebih, dianjurkan untuk memperbanyak makan buah dan mengurangi makanan yang berminyak dan pedas yang dapat merangsang produksi asam lambung. Ahli naturopati menyarankan untuk mengkonsumsi bengkoang segar yang dimakan dalam bentuk biasa tanpa sambal atau garam. Karena sifat umbinya yang dingin serta sifat alkali bengkoang yang cepat meyerap asam lambung yang berlebih.
Mengobati Wasir
  • Wasir terjadi karena gangguan aliran darah di sekitar dubur sehingga pembuluh darah melebar dan membengkak. Tidak semua penderita wasir memerlukan pengobatan medis, yakni mereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal. Dengan pengobatan apapun kemungkinan wasir dapat kambuh kembali tergantung dari kebiasaan makan, minum dan buang air besar. Kandungan serat dalam bengkuang dapat membantu mengatasi wasir. Karena salah satu fungsi serat yaitu membantu memperlancar saluran pencernaan dan pengeluaran feses sehingga tidak sulit dan tidak menimbulkan rasa sakit serta mengurangi penekanan ketika mengeluarkannya. Dengan demikian dapat mengurangi rasa sakit penderita wasir. Untuk mengatasi wasir, bengkuang dibuat dalam bentuk jus yang diminum setiap bangun tidur dan pada pagi hari.
Kandungan phytonutrien pada buah bengkoang dapat membantu mencegah serangan virus dan bakteri serat beberapa mikroorganisme yang berbahaya untuk tubuh

Sekian yang dapat kami informasikan tentang Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan. Semoga informasi yang kami berikan dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Tetap ikuti info dan tips lainnya.

Advertisements
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: satria

0 komentar:

Posting Komentar